Di SMP negeri 17 malang telah melaksanakan P5 kedua dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Tema tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang hidup berkelanjutan dan mendorong mereka menetap gaya hidup sehat dan berkelana menjaga lingkungan sekolah dan sekitarnya. Nah, apa sih gaya hidup berkelanjutan itu??!!! Gaya hidup berkelanjutan adalah melaksanakan tindakan dengan kesadaran penuh dan berpikir jangka panjang, termasuk menjaga kelestarian alam dan kesehatan diri.
Pentingnya Gaya Hidup Berkelanjutan
- Melindungi lingkungan: mengurangi polusi,menghemat energi, dan menjaga kesehatan fisik dan mental kita.
- Meningkatkan kualitas hidup: lingkungan yang sehat mendukung kesehatan fisik dan mental kita.
- Memastikan ketersediaan sumber daya: untuk generasi sekarang dan mendatang
- Mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan: menciptakan lapangan kerja baru dan inovasi ramah lingkungan.
Tujuan
Gaya hidup berkelanjutan untuk menjaga kelestarian lingkungan sikap sadar dalam menggunakan sumber daya alam cermat dalam membeli barang/jasa mempertimbangkan siklus hidup barang dan menganggap diri sebagai dari lingkungan.
P5 Minggu Pertama
Pada hari pertama kami belajar tentang lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Hal tersebut memiliki fungsi yaitu untuk lebih menjaga lingkungan sekolah agar dapat belajar dengan lebih nyaman. Pada hari kedua dan ketiga kami belajar upaya mengurangi sampah, mempelajari jenis-jenis sampah, dan cara mengolahnya. Hari keempat dan kelima kami belajar tentang tanaman obat keluarga atau yang biasa nya disebut Toga.
P5 Minggu Kedua
Pada minggu kedua kami difokuskan untuk praktik. Praktik pertama yaitu menanam toga di mana satu kelas dibagi menjadi dua kelompok pertama kelompok menanam dan kedua kelompok membuat artikel. Toga yang kami taman ada berbagai macam setiap kelas berbeda beda dan kelas kami mendapat kencur. Kelompok pertama menanam kencur di samping perpustakaan dan saat itu kelompok kedua membuat artikel tantang kencur. Pada praktik kedua kita di bagi menjadi 4 kelompok 2 kelompok mengecat tong sampah dan 2 kelompok lainnya membuat kompos. Kami mengecat tong sampah organik dan anorganik. Tong sampah itu lalu diletakkan di depan kelas agar para siswa dapat membedakan sampah organik dan anorganik. Di samping itu kelompok membuat kompos mereka keliling mencari daun untuk dijadikan kompos.